PENINGKATAN KUALITAS LITERASI MAHASISWA PASCASARJANA (S2) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Fenomenologi di PTKIN Sumatera Barat)

Authors

  • Duski Samad Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Aprizal Ahmad Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Suryadi Fajri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Abdul Basit Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.7

Keywords:

Kualitas, Literasi, Mahasiswa Pascasarjan S2 PAI

Abstract

Penelitian, Tahun 2019. Peningkatan Kualitas Literasi Mahasiswa Pasca Sarjana (S2) Program Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Fenomenologi di PTKIN Sumatera Barat) Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana  pelaksanaan pendidikan tinggi dalam meningkatkan kualitas literasi mahasiswa S2 PAI di PTKIN Sumatera Barat?. Penelitian ini akan mengungkap lebih dalam seperti apa pelaksanaan pendidikan tinggi yang pada tahap akhir diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas literasi mahasiswa Pascasarjana pada PTKIN di Sumatera Barat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran atau objek penelitian yang disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jika ditinjau dari segi datanya. Peneliti mulai berfikir secara induktif, yaitu menangkap berbagai fakta atau fenomena-fenomena sosial melalui pengamatan di lapangan, kemudian menganalisisnya dengan data yang tidak berbentuk angka Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan literasi mahasiswa PAI pascasarjana PTKIN Sumatera Barat sudah bagus dengan hasil baik, namun perlu usaha meningkatkannya. Bentuk-bentuk literasi mahasiswa Pascasarjana untuk penulisan makalah pada pembelajaran, tugas mandiri, ujian akhir, penelitian kelompok, tesis, jurnal dari penelitian tesis, dan literasi untuk menulis buku, dan opini di media massa.  Budaya literasi dalam Proses Pembelajaran Pada Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana PTKIN Sumatera Barat, proses pembelajaran yang dilakukan sudah menerapkan Iklim akdemis, hal ini terlihat dari proses pembelajaran melalui tahapan yang akademis mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses pembelajaran. Problematika kemampuan literasi mahasiswa pascasarjana PTKIN Sumatera Barat diantaranya adalah, aturan atau kebijakan dari kampus yang belum tersosialisasi dengan baik, sebagian besar mahasiswa kuliah sambil bekerja dan hubungan interaksi antara pengajar dan mahasiswa yang belum lancar.

References

Afifah, “Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Penyusunan Skripsi (Studi kasus di Prodi PAI FTK UINSA Angkatan 2011”, dalam Skripsi, 2015.

Bungin, M. Burhan, Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, 2007.

Firmansyah, Bayu, “Kompetensi Literasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Mata Kuliah Seminar di Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia” dalam Jurnal Ilmiah Edukasi dan Sosial, Vol. 8 No. 1 2017.

Lubis, Dewi Syahruni, Peringkat Literasi Indonesia Paling Rendah, dalam http://www.medanbisnisdaily.com. Diakses 05 September 2018.

Ma’mur, Lizamudin, Membangun Budaya Literasi, Jakarta: Diadit Media, 2010.

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Nadlir, Moh, Per Hari, Rata-rata Orang Indonesia Hanya Baca Buku Kurang dari Sejam, dalam https://nasional.kompas.com. Diakses 05 Sep 2018.

Pakistyaningsih, Arini, Surabaya Sebagai Kota Literasi, Surabaya: Pelita Hati, 2014.

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Jakarta: Deputi Bidang Kesejahteraan Rakyat, 2012.

Permana, Fuji Eka, Indonesia Dilanda Kedangkalan Literasi, dalam https://www.republika.co.id. Diakses 05 September 2018.

Permatasari, Ane, “Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi”, dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, UIN IB, 2015.

Rahmawati, “Analisis Kesenjangan Literasi Digital Mahasiswa Program Studi PAI PTKIN Indonesia”, dalam Tesis, 2018.

Ratna, Nyoman Kutha, Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Supartika, I Putu, Literasi Indonesia Peringkat 64 dari 65 Negara, Wayan Tama: Literasi Sastra Jauh dari Harapan, dalam http://bali.tribunnews.com. Diakses 05 September 2018.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Downloads

Published

2022-06-11