INTEGRASI KEILMUAN PADA PESANTREN (Studi Kasus Muhammadiyah Boarding School Ki Bagus Hadikusumo Jampang Bogor)

Authors

  • Busahdiar Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.6

Keywords:

pesantren, MBS, Integrasi keilmuan

Abstract

Dewasa ini, pesantren yang dikelola oleh Persyarikatan Muhammadiyah mengalami transformasi, baik secara institusional maupun secara kultural. Selain mengembangkan MBS (Muhammadiyah Boarding School), pesantren Muhammadiyah juga mulai berorientasi substansi yang baru, yaitu trensains (pesantren sains). Seiring dengan berkembangannya boarding school (sekolah berasrama) dan smart school (sekolah pintar) karena animo dan harapan masyarakat yang semakin tinggi terhadap pendidikan bermutu dan dapat menjamin terbentuknya karakter dan akhlak mulia pada diri peserta didik, maka Muhammadiyah merasa terpanggil untuk berkontribusi positif dalam pengembangan dan pemajuan MBS dan pontrenMu lainnya. Transformasi ini lebih dikenal dengan integrasi keilmuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi integrasi keilmuan pada pesantren khususnya Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo Jampang Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun data diperoleh melalui observasi, wawancara dan juga studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles Huberman (reduksi data, display data, dan conclusion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBS Ki Bagus Hadikusumo Jampang Bogor merupakan salah satu model pesantren modern yang dikembangkan oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Dalam implementasi pembelajarannya berpedoman kepada kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Sehingga terjadi integrasi keilmuan di MBS Ki Bagus Hadikusumo Jampang Bogor yang menghasilkan ulama yang intetektual dan intelektual ulama.

References

Adinugraha, H. H., Hidayanti, E., & Riyadi, A. (2018). Fenomena Integrasi Ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri: Analisis Terhadap Konsep Unity of Sciences di UIN Walisongo Semarang. Hikmatuna, 4(1), 1-24.

Afwadzi, B. (2016). Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi. Jurnal Living Hadis, 1(1), 101-128.

Afwadzi, B. (2017). Integrasi ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial dengan pemahaman hadis Nabi: Telaah atas konsepsi, aplikasi, dan implikasi. Theologia, 28(2), 351-390.

Ali, N. (2020). Integrating science and religion in the curriculum of Indonesian islamic higher education: A Case study of UIN Malang. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(9), 948-960.

Berkut, V. P., Bondareva, Y. V., Kostyukova, T. A., Maikova, V. P., Molchan, E. M., & Pesotsky, V. A. (2018). The problem of society consolidation in the era of globalization: methodological and axiological aspects. Modern Journal of Language Teaching Methods, 8(5), 223-237.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga, 2001

Darda, A. (2016). Integrasi ilmu dan agama: Perkembangan konseptual di Indonesia. At-Ta'dib, 10(1).

Dokumen wawancara dan hasil studi dokumentasi pada MBS Ki Bagus Hadikusumo Jampang Bogor yang dilaksanakan tanggal 29-30 September 2018

Fikri, A. A., Miasari, D., & Dewi, I. T. (2019). Misconception In Scientific Literature On Journal Online That Discuss Integration Of Science And Religion In Era 4.0. Journal Of Biology Education, 2(2), 151-161.

Hoffmann, S., Pohl, C., & Hering, J. G. (2017). Methods and procedures of transdisciplinary knowledge integration: empirical insights from four thematic synthesis processes. Ecology and Society, 22(1).

Kh, U. Maman, Pola Berpikir Sains, Membangkitkan Kembali Tradisi Keilmuan Islam, Bogor: QMM Publishing, 2012

Lovelli, L. (2021). Beyond the Aporias of Proceduralism: Towards an Axiological Integration of Discourse Ethics. Revista Ética y Discurso, 6, 1-27.

Ludwig, D., & El-Hani, C. N. (2020). Philosophy of ethnobiology: understanding knowledge integration and its limitations. Journal of Ethnobiology, 40(1), 3-20.

Mustansyir, Rizal dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002

Nugraha, M. T. (2020). Integrasi Ilmu dan Agama: Praktik Islamisasi Ilmu Pengetahuan Umum di Perguruan Tinggi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 29-37.

Nuryantini, A. Y., Karman, K., & Holik, A. (2018). Integration Science and Religion: An Analysis in Islamic Higher Education. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 5(1), 11-18.

Praja, Juhaya S., Aliran-aliran Filsafat & Etika, Jakarta: Prenada Media, 2003

Pratt, S. F. (2017). A relational view of ontological security in international relations. International Studies Quarterly, 61(1), 78-85.

Putra, A. T. A. (2020). Konsep Pemikiran Ismail Raji Al Faruqi (Dari Tauhid Menuju Integrasi Ilmu Pengetahuan di Lembaga Pendidikan). Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 20-37.

Roswantoro, Alim dalam Mengukir Prestasi di Jalur Khusus, Yogyakarta: Penerbit Pendi Pontren Depag RI, 2007

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: LKiS, 2009

Tim Pengembang, Silabus Pendidikan Pesantren Muhammadiyah Tahun 2017 Kelas I-III (KelasVII-IX SMP/MTs) Pesantren Muhammadiyah Se-Indonesia yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 2017

Tim Pengembang, Silabus Pendidikan Pesantren Muhammadiyah Tahun 2017 Kelas IV-VI (Kelas X-XII SMA/MA) Pesantren Muhammadiyah Se-Indonesia yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 2017

Tim Pengembang, Standar Pendidikan Pesantren Muhammadiyah Tahun 2017 Kelas I-III (KelasVII-IX SMP/MTs) Pesantren Muhammadiyah Se-Indonesia yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 2017

Tim Pengembang, Standar Pendidikan Pesantren Muhammadiyah Tahun 2017 Kelas IV-VI (Kelas X-XII SMA/MA) Pesantren Muhammadiyah Se-Indonesia yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 2017

Tim Penyusun, Profil Amal Usaha Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, 2015

Whitehouse, H. (2017). Towards an integration of ethnography, history and the cognitive science of religion. In Ritual (pp. 207-220). Routledge.

Downloads

Published

2022-06-11