Sejarah Dinamika Surau Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Minangkabau

Authors

  • Ridhatul Husna Ridhatul Husna Mahasiswa
  • Zulmuqim Zulmuqim Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Muhammad Kosim Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15548/mrb.v5i2.24

Abstract

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejarah dinamika surau sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau. Metode penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis melalui studi literatur. Hasil penelitiannya fungsi surau di Minangkabau mengalami perkembangan secara bertahap. Pada awalnya surau berfungsi sebagai tempat upacara adat, kemudian berkembang menjadi tempat peribadatan dan berkumpul anak-anak muda untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, para lelaki dewasa yang belum menikah atau yang sudah duda menjadikan surau sebagai tempat beristirahat di malam hari. Hal ini berarti surau pada masa itu mempunyai peran ganda, selain sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembaga sosial kemasyarakatan.

Abstract: This paper aims to find out the history of the dynamics of the surau as an Islamic educational institution in Minangkabau. This research method uses critical historical methods through literature studies. The result of his research is that the function of the surau in Minangkabau has developed gradually. At first the surau served as a place for traditional ceremonies, then it developed into a place of worship and where young people gathered to learn various knowledge and skills. In addition, unmarried or widowed adult men use the surau as a place to rest at night. This means that the surau at that time had a dual role, apart from being an educational institution as well as a social institution.

References

Anam Saeful, Maret 2017, Karakteristik dan Sistem Pendidikan Islam: Mengenal Sejarah Surau, Pesantren dan Meunasah di Indonesia, JALIE, Volume 01, Nomor 01

Azra Azyumardi, 1985, “Surau di Tengah Krisis: Pesantren dalam Perspektif Masyarakat”, dalam M. Dawan Rahardjo, (ed), Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: P3M

Azra Azyumardi. 2000, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos

Budi, 2018, Lembaga Pendidikan Islam Klasik dan Nusantara, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 7(2)

Burhanuddin, Jajat ,2012,Ulama dan Kekuasaan: Pergumulan Elite Muslim dalam Sejarah Indonesia, Jakarta: Mizan Publika

Depdiknas, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Ketiga

Dobbin Christine, 1989 Kebangkitan Islam dalam Ekonomi Petani yang Sedang Berubah, Sumatera Tengah 1787-1847, Jakarta: INIS

Hanani Silfia, 2002, Surau Aset Lokal yang Tercecer, Bandung: Humaniora Utama, Press

Hanun Asrohah, 1999, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos

Hasbullah, 1999, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: LSIK

Imansyah Retno Kartini Savitaningrum, 2013 “Surau Gadang Burhanuddin Ulakan: Jejak-Jejak Penyiaran Agama Islam di Padang Pariaman Sumatera Barat”, dalam Deden Burhanuddin, Rumah Ibadah Bersejarah, Jakarta:

Kemenag RI

J Moleong, L, 2013, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ka`bah, Rifyal, dkk. 1988, Pendidikan Islam di Indonesia, Jilid I, Kairo: KedutaanBesar RI Pendidikan dan Kebudayaan,

Kharles dan Ranti Nazmi, Perubahan Pola Pendidikan Islam Di Sumatera Barat (Minangkabau) Dari Surau Ke Lembaga Pondok Pesantren Semenjak Awal Abad 20, Jurnal:Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat

KM. Akhiruddin, 2015, Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara, Jurnal Tarbiya, 1(1)

Lestari Adek, 2008 “Surau Masa Lalu pada Masa Kini Luhak Agam Orde Baru”, dalam Budi

Susanto, Gemerlap Nasionalitas Postkolonial, Yogyakarta: Kanisius

Muhammad Furqan, Januari-Juni 2019,Surau dan Pesantren Sebagai Lembaga Pengembangan Masyarakat Islam Di Indonesia, Jurnal Al-Ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam, 5(1)

Mukhlis Abdul, 2017, Sejarah Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Nusantara, Jurnal: Al-Makrifat, 2(1)

Nasir Mohammad, 2012 Peranan Surau Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Tradisional di Padang Pariaman Sumatera Barat (Surau Syeikh Burhanuddin), UNP, dalam, Jurnal Pedagogi, XII(2)

Natsir Mhd, 2011,Skripsi Peran Surau Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Tradisional Di Padang Pariaman Sumatera Barat, Jurusan: Pendidikan Luar Sekolah UNP

Nizar Samsul, 2005, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam, Ciputat: Quantum Teaching

Nizar, Samsul 2011, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana

Ramayulis, 2011, Sejarah Pendidikan Islam; Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi Dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia

Saharman,2018, Sejarah Pendidikan Islam Di Minangkabau, Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6(1)

Yunus Mahmud, 1993, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung

Zein, Mas’ud, Januari – Juni 2011, Sistem Pendidikan Surau : Karakteristik, Isi, Dan Literasi Keagamaan, (Jurnal Sosial Budaya, 8(1)

Downloads

Published

2023-03-01