Perumusan Kebijakan Pendidikan di Era 4.0

Authors

  • Khusnul khasanah UAD
  • Latifah Sapta Wijiutami Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Abstrak: Sangat penting untuk mengembangkan kebijakan pendidikan agar tujuan pendidikan yang telah disusun dapat tercapai secara optimal. Untuk merumuskan kebijakan pendidikan, kita perlu mengetahui berbagai model pembuatan kebijakan pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan memberikan informasi mengenai model pembuatan kebijakan pendidikan sehingga dapat dijadikan sebagai solusi bagi pembuatan kebijakan pendidikan. Teks ini menggunakan studi sastra. Artikel ini ditulis dengan menelaah 15 makalah nasional tentang kebijakan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan beberapa model pembuatan kebijakan pendidikan: model kelembagaan, model sistem, model penelitian, model elite, model rasional, model inkremental, dan model, model pendekatan analisis kebijakan dan model pendekatan implementasi kebijakan publik. Kajian ini juga menunjukkan bahwa model pembuatan kebijakan yang tepat digunakan di Indonesia adalah Model Analisis Kebijakan Pendidikan (Best Practices) dan Model Implementasi Kebijakan Publik. 

Abstract: It is very important to develop educational policies so that the educational goals that have been prepared can be achieved optimally. To formulate education policy, we need to know various models of education policy making. This article aims to examine and provide information about the model of education policy making so that it can be used as a solution for education policy making. This text uses literary studies. This article was written by reviewing 15 national papers on education policy. The results of the study show several models of education policy making: institutional models, systems models, research models, elite models, rational models, incremental models, and models, models of policy analysis approaches and models of public policy implementation approaches. This study also shows that the appropriate policy-making model used in Indonesia is the Education Policy Analysis Model (Best Practices) and the Public Policy Implementation Model.

 

References

Ali Imron, (2002).Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk, dan Masa Depannya, Ed.I, Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.

Arif Rohman,(2009). Politik Ideologi Pendidikan, Yogyakarta: Mediatama.

Budi Winarno,(2002). Kebijakan Publik: Teori Dan Proses, Yogyakarta: Media Presindo.

Edi Suharto, (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: Refika Aditama.

Fattah, Nanang. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

H.A.R Tilaar dan Riant Nugroho,(2008). Kebijakan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

H.A.R. Tilaar. (1998) Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan,. Bandung: Remaja

Rosdakarya, 1998.

Hanisy, Asmad. (2013). Konsep dasar analisis kebijakan. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 4(1),

-63

Irfan Islamy,(2002. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara, Jakarta: Bumi aksara

Mohammad Ariandy (2019), “ Kebijakan Kurikulum Dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter Di Indonesia,”

Sukma: Jurnal Pendidikan 3, no. 2: 137– 168.

Riant Nugroho,(2008). Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik, Bandung: CV. Alfabeta.

Solichin Abdul Wahab,(1991). Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara, Jakarta: Bumi

Aksara

Shaifudin, Arif. “Peran Strategis Pendidikan Islam Di Era Globalisasi.” Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman 6, no.

September (2016): 224

William Dunn,(1999). Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tribunnews.com, Era Revolusi Industri 4.0 Harus Diantisipasi Perguruan Tinggi,

Downloads

Published

2023-03-01