Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.15548/mrb.v5i2.18Keywords:
Kecerdasan emosional, mengendalikan, motivasiAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Peran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pengendalian diri, motivasi diri, disiplin diri, dan kepedulian peserta didik di MAN I Solok Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang bercorak kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN I Solok Selatan sudah berperan dengan mempelajari pelajaran PAI yang ada diajarkan di MAN I Solok Selatan peserta didik telah mampu mengendalikan dirinya dalam pergaulan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Dalam memotivasi diri peserta didik materi pelajaran PAI yang diberikan telah mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan antusias dan bersemangat serta mampu menjadi acuan dalam mencapai tujuannya ke depan seperti kebahagian orang tua dan penanaman akidah yang kuat. Dalam meningkatkan kedisiplinan diri peserta didik materi PAI yang diajarkan telah membentuk kepribadian peserta didik yang selalu disiplin dan tepat waktu dalam belajar dan beribadah serta memanfaatkan waktu luangnya dengan hal-hal yang bermanfaat. Dalam meningkatkan kepedulian peserta didik materi PAI yang diajarkan menimbulkan sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan tempat tinggalnya.
Abstract: The purpose of this study is to know the role of Islamic Religious Education in Improving Self-Control, self-motivation, self-discipline, and care of learners in MAN I Solok Selatan. The type of this research is field research which is qualitative descriptive. In this data collection the author uses observation, interview and documentation techniques. Data processing techniques and data analysis that the authors use is data reduction, data presentation, data analysis, and conclusions. Based on the results of research can be concluded that the role of Islamic religious education in improving the emotional intelligence of learners in MAN I Solok Selatan has been instrumental by learning the lessons of PAI is done in MAN I Solok Selatan of the students have been able mngendalikan himself in everyday social activities both in school and environment community. In motivating themselves learners of PAI subject matter provided has been able to mneingkatkan motivation learners learners with enthusiasm and passionate and able to become a reference in achieving its future goals such as happiness of parents and the planting of a strong aqidah. In improving self-discipline learners PAI material taught has shaped the personality of learners who are always disciplined and timely in learning and worship and use his spare time with things that are useful. In raising the awareness of students PAI materials are taught to give an attitude to care about each other and the environment where he lived.
References
Ahmad, Muhammad Yusuf, dkk. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 15, No. 2. https://journal.uir.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/2374.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2019b). Life Skill Education and It’S Implementation in Study Programs Islamic Religious Education. Jurnal Tarbiyah, 26(2), 278–293. https://doi.org/10.30829/tar.v26i2.485
Bahri, Syamsul., dkk. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. AL YASINI: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum dan Pendidikan. Vol. 6. No. 2.http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4347
Budianto, A., Amirudin, & Muzaki, I. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial dan Intelektual Siswa di Sekolah Menengah Pertama (Penelitian di Kelas VIII SMP Islam Telukjambe). Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 4(1), 487–497.
Goleman, Daniel. (2001). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional, Terj. T. Hermaya, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Cet. 1.
Idrus, S.F. Ilmi Al., dkk. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 4, No. 1.
Indaayu, P. (2017). Peran Pendidikan Karakter Dalam Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 1(1). 344-347.
Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nata, Abuddin. (2001). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu cet ke-1
Ramli, Rosmiati & Prianto, Nanang. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah. Vol. VIII No 01 Maret 2019. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/18/14
Segal, Jeanne. (2002). Melejitkan Kepekaan Emosional Bandung: Kaifa
Shapiro, Lawrence E. (2003). Mengajarkan Emosional Intelligence pada Anak, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka UtamaCet. Ke-4,
Sujana, Nana dan Ibrahim. (2007). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Al- Gesindo.
Sholihin, M. Faridus., dkk. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 6, No. 2. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/8036/3742
Setiawati, Fenty. (2021). Peranan Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. Nizamul “Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI). Vol 6 No. 1 2021. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/nizamulilmi/article/view/88/81
Sumantri, S. M. (2015). Pengantar Pendidikan. Hakikat Manusia dan Pendidikan. MKDK4001/MODUL 1.
Zuriah, Nurul. (2006). Metodologi Penelitian Social dan Pendidikan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Murabby: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.