PENDIDIKAN ANAK MELALUI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN

Authors

  • Sriwardona STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Ardisal Pemerintah Kota Padang
  • Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.15

Keywords:

Pendidikan, Taman Pendidikan al-Qur’an

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Taman Pendidikan al-Qur’an merupakan wadah pendidikan Islam yang dilakukan oleh masyarakat khususnya di Sumatera Barat. Pelaksanaan pembelajarannya cenderung menggunakan metode klasik dan pelaksanaannya tergantung oleh guru yang mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an, tidak ada kurikulum yang baku sehingga pelaksanaannya hanya bergantung pada guru yang mengajar. Hal ini tentunya dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an kurang efektif dan kurang efesien. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TPA dan Anak TPA, pengurus masjid dan orangtua anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkans bahwa pelaksanaan pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Kabupaten Pesisir Selatan melalui sistem kelas dan non kelas, mengajarkan anak membaca al-Qur’an, membina anak melaksanakan shalat, membina anak melaksanakan puasa membina akidah, ibadah dan akhlak melalui kegiatan didikan subuh, membina akidah, ibadah dan akhlak anak dengan multi metode seperti ceramah, karya wisata, pembiasaan dan latihan, keteladanan, dialog, nasehat, hukuman. Hasil belajar anak Taman Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Kabupaten Pesisir Selatan ada yang sudah terdokumentasi dalam bentuk angka dan ada yang belum. Hasil belajar hanya ditunjukkan dengan kemampuan anak bisa atau tidak membaca al-Qur’an, shalat dan melaksanakan ibadah lainnya. Sarana dan prasarana pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Kabupaten Pesisir Selatan adalah chart, papan tulis.

References

Hakim, Rosniati. (2014). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Karakter.: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788

Malik, Hatta Abdul. (2013). Pemberdayaan TPQ Al-Husna Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama dan Pemberdayaan. 10.21580/dms.2013.132.60

Ma’mun, Muhammad Aman. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an. Annaba; Jornal of Islamic Education. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.31

Abdurrahman, Dede. (2019). Efektivitas Program Pembelajaran TPA dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an (Tesis). UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1024

Retnosari, Lisa. Et.all. (2019). Penguatan Peran TPQ. Jurnal SOLMA. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968

Anwar, Rosyida Nurul. (2021). TPQ sebagai Upaya Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1342

Ajhuri, Kayyis Fithtri. (2018). Pemberdayaan TPQ melalui Penguatan SDM. QALAMUNA. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559271

Hadi, Muhammad Irwan. (2021). Strategi Pembinaan Akhlak pada TPQ Anwarul Masaliq Keruak. YASIN; Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya. https://doi.org/10.36088/yasin.v1i1.2

Rachman, Fathor. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: IRCiSoD

Sugiono. (2017). Metodologi Peneltian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Ahmadi, Rulam. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Departemen Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Al-Ahmad, Miqdad Ibrahim. et.all,. (2020), Upaya Guru TPA dalam Pembelajaran Al-Qur’an, Prosa PAI; Prosiding Alhidayah Pendidikan Agama Islam. https://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i2.699

Saefullah. (2013). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia

Downloads

Published

2022-06-11