MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN 1 RAO

Authors

  • Dariusri Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Rahmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.13

Keywords:

Manajemen, Pengembangan, Program, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Manajemen Pengembangan  Program  Pendidikan AgamaIslam  Di  SMPN 1 RAO. Adapun rumusan masalah pada peneltian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan manajemen pengembangan program Pendidikan Agama Islam di  SMPNegeri 1 Rao . Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu suatu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada baik fenomena alamiah maupun rekayasa manusia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan fenomenologis, untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara untuk memperoleh data primer dan data sekunder dalam penelitian ini. Teknik analisis data pada penelitian dengan alur tahapan:pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dalam penelitian ini adalah; Pertama Proses Perencanaan Pengembangan     Program Tujuan Pendidikan  Agama Islam, dalam bentuk pengembangan visi, misi dan tujuan sekolah sudah dibuat ; Kedua Proses pelaksanaan  Pengembangan Program Peserta didik, dalam bentuk pengelompokan siswa dan pelaksanaan pengembangan program Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan menjadi beberapa kegiatan dan dimasukkan di dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler ; Ketiga Sekolah SMPN 1 Rao telah melakukan pengawasan dengan cara memberikan kartu control berupa absensi kepada para guru pamong dan kartu penilaian siswa tentang pelaksanaan kegiatan program PAI tersebut ; Keempat Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Manajemen Pengembangan Program Pendidikan Agama Islam diantaranya adalah Faktor personal / individual, Faktor kepemimpinan, dan Faktor tim.

References

Amin, A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI ASPEK AKHLAQ BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEMOKRATIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 12 KOTA BENGKULU. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.1161/.v5i3.755

Asmani, J. M. (2009). Tips menjadi guru inspiratif, kreatif, dan inovatif. Cet. I.

Azwar, S. (2004). Metode Penelitian, Cet. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fattah;, N. (2009). Landasan Manajemen Pendidikan / Nanang Fattah (Bandung). Remaja Rosdakarya. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4946&keywords=

Ghafir, Z. A., & Yusuf, S. A. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

H. M Arifin. (1987). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara. Cet ke-1

Majid, A., & Andayani, D. (2004). Pendidikan agama Islam berbasis kompetensi: Konsep dan implementasi kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya.

Moloeng, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 14.

Muhaimin, A. G., & Ali, N. (1996). Strategi belajar mengajar. Surabaya: CV. Citra Media Karya Anak Bangsa.

Prabowo, S. L. (2010). Perencanaan pembelajaran pada bidang studi, bidang studi tematik, muatan lokal, kecakapan hidup, bimbingan dan konseling. UIN-Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1616/

Suharsimi, A. (1996). Prosedur Penelitian; dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-06-11