PESANTREN DAN KEWIRAUSAHAAN; Analisis Pendidikan Agrobisnis dan Agroindustri di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.11Keywords:
Pendidikan Pesantren, Kurikulum, Entrepreneurship, Agrobisnis, AgroindustriAbstract
Saat ini pengembangan kewirausahaan di lingkungan pesantren sudah menjadi keniscayaan atau kebutuhan. Terlebih, jika hal ini dikaitkan dengan keinginan pesantren untuk mengedepankan kemandirian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pendidikan pondok pesantren berbasis entrepreneurship bidang agrobisnis dan agroindustri di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbentuk diskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Penulis menyimpulkan bahwa corak pendidikan pesantren Mukmin Mandiri dapat dilihat dari kurikulum dan proses pembelajaran. Pesantren Mukmin Mandiri melakukan sejumlah akomodasi yang dianggap tidak hanya akan mendukung kontinuitas pesantren, tetapi juga bermanfaat bagi santri. Pendidikan bidang agrobisnis di pesantren ini mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, pemrosesan, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani yang saling terkait satu sama lain. Sementara pendidikan dalam bidang agroindustri dapat dijabarkan dengan kegiatan pembelajaran dalam bidang industri yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang, dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut. Penulis berargumen bahwa model pendidikan berbasis agrobisnis dan agroindustri di pondok pesantren ini adalah model pendidikan integratif; sebuah model pendidikan yang mengintegrasikan materi kewirausahaan di dalam seluruh mata pelajaran, buku ajar, ekstrakurikuler dan kultur pesantren. Setelah itu, kegiatan praktik secara simultan dilakukan berdasarkan materi yang diberikan.
References
Book:
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azra, Azyumardi. 1999. Esai-Esai Intelektual Muslim Pendidikan Islam. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
Azra, Azyumardi. 2000. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Melinium Baru. Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2000.
Daryanto, H. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Fajar, Malik. 1998. Visi Pembaruan Pendidikan Islam. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia /LP3NI, 1998.
Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Reseach II. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM.
Halim, Abdul. 2005. Konsep – konsep Pengembangan Pondok Pesantren. Jogjakarta : Lkis.
Hamid, Abu. 1976. Sistem pendidikan madrasah dan pesantren di Sulawesi Selatan. Jakarta : Lembaga Ekonomi dan Kemasyarakatan Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Meleong, Lexy.J. Metodologi Penelitian Kualitatif. 1992. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulkhan, Abdul Munir. 2002. Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya, 2002.
Siradj, Said Aqil. 1999. Pesantren Masa Depan; Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Wahid, Abdurrahman. (1988). "Prospek Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan", dalam Sonhaji Shaleh (terj); Dinamika Pesantren, Kumpulan Makalah Seminar Internasional, The Role of Pesantren in Education and Community Development in Indonesia. Jakarta : P3M.
Wianardi. 2004. Entrepreneur dan Entrepreneurship. Jakarta : Pranata Media.
Yunus, Muh. 2008. Islam dan Kewirausahaan Inovatif. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Zaini, Ahmad. 2012. Pengembangan Pondok Pesantren berbasis Usaha Kecil dan Menengah. Surabaya: Idea Press, 2012.
Zumar, D. 2008. Etos Wirausaha Pesantren. Jakarta: Small-Medium Industry, 2008.
Journal:
Komara, Siti. September 2016. “Pengelolaan Pondok Pesantren Berbasis Kewirausahaan di Pondok Pesantren Nurul Barokah Kabupaten Majalengka”. Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 1 No. 1.
Mardyanto, Eko. Januari 2016. “MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN PONDOK PESANTREN BERBASIS AGROBISNIS (Studi Kasus di PP Mukmin Mandiri dan PP Nurul Karomah)”. Jurnal Fikroh, Vol. 9 No. 2.
Mustaqim dan Suhadi. Juni 2014. “ANALISIS IMPLEMENTASI ENTREPRENEURSHIP DI KALANGAN SANTRI”. BISNIS, Vol. 2, No. 1.
Mustofa, Ali. 2015. “Manajemen Kewirausahaan Pondok Pesantren Berbasis Agrobisnis (Studi Kasus di PP Mukmin Mandiri dan PP Nurul Karomah)”. Jurnal Kependidikan Islam, Volume 6 Nomor 2.
Website:
http://industri.bisnis.com/read/20140929/99/261010/pesantren-al-ittifaq-ketika-santrimenggeluti-. Diakses 22 April 2019.
http://metroterkini.com/berita-12011-kembangkan-ukm-dan-agribisnis-kadin-bengkalisbelajar-ke-bandung.html. Diakses pada 20 April 2019.
Wahyono, Sigit. Inovasi Hidden Curriculum Pada Pesantren Berbasis Entrepreneurship (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati), diakses dari http://eprints.walisongo.ac.id/3263/1/ 3105129_Coverdll.pdf pada tanggal 24 September 2019.
Interview:
Agus Triyono, Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Sdoarjo, 07 Januari 2021.
Heri Cahyo Bagus Setiawan, Direktur Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Sidoarjo, 09 Februari 2021.
Jamaludin, Kepala Bidang Pendidikan Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Sidoarjo, 15 Februari 2021.
KH. Muhammad Zakki, Pengasuh Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Sidoarjo, 01 April 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.